Monday, October 29, 2012

Penilaian guru dan umpan balik kepada siswa

Apa saja strategi penilaian yang bisa digunakan untuk menilai kemampuan siswa memahami tujuan pembelajaran? Apa saja strategi penilaian yang biasa pendidik gunakan di kelas masing-masing? Menurut "making the PYP happened" secara umum ada 5 strategi penilaian yang bisa kita gunakan: ~ observasi ~ penilaian berdasarkan presentasi siswa ~ penilaian yang berfokus pada proses ~ penilaian terbuka (siswa diberi kebebasan untuk memilih media yang akan digunakan untuk memperlihatkan pemahamannya akan tujuan pembelajaran yang diberikan) ~ tes tertulis (kelemahannya adalah hanya ada 1 jawaban yang benar) Lalu apa yang akan terjadi setelah penilaian dilakukan? UMPAN BALIK PADA SISWA (FEEDBACK). Pengalaman saya sebagai seorang siswa TK-Universitas sangat jarang guru yang memberikan umpan balik pada saat KBM berlangsung. Yang ada hanya nilai raport yang informasinya terlalu umum (berdasarkan mata pelajaran). Mengapa umpan balik 2P (penting dan perlu)? Karena feedback dari guru mampu memotivasi siswa agak bekerja dengan lebih baik, karena dengan umpan balik dari guru siswa tahu bagian mana dari mereka yang sudah bagus/yang perlu diperbaiki. Umpan balik dari guru memberikan siswa perspektif orang lain mengenai suatu hal. Manfaat lain dari umpan balik dari guru adalah siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dapat menghasilkan sebuah karya/pekerjaan dengan kualitas yg sesuai dengan kemampuannya. Menurut penulis umpan balik yang efektif ciri-cirinya adalah: - gunakan bahasa yang positif - bisa berupa verbal maupun tulisan (tergantung jenis pembelajaran yang sedang berlangsung) - gunakan teknologi yang tepat dalam membangun komunikasi antara siswa - guru (edmodo, classdojo) - diberikan jadwal khusus dan dilakukan secara konsisten (sejenis continuum) - beri kesempatan siswa memperbaiki penilaiannya saat tidak memuaskan/mencapai target (re-teach/re-assess) agar ia merasa BERHASIL dalam pembelajaran dan akhirnya merasa percaya diri mengikuti pembelajaran yang berlangsung - Award/sertifikat juga dapat digunakan sebagai umpan balik - pastikan siswa tahu kelebihan/kekurangan nya dan mampu memperbaiki/memilih strategi terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. P.s usahakan tidak memperlihatkan/membandingkan hasil penilaian satu siswa dengan siswa yang lain karena setiap individu adalah unik dan memiliki kelebihan/kekurangan masing-masing. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat Purvi

No comments:

Post a Comment